Menjadi Penulis

Selain mengajar Science di sekolah (Mata pelajaran yang sesuai dengan ilmu saya), saya juga mengajarkan Bahasa Indonesia.
Yah.. sebagai guru SD, semua mata pelajaran sih wajib kita kuasai, termasuk yang satu ini yaitu Bahasa Indonesia.
Saya teringat di masa saya kuliah di Fakultas Math and Science Universitas Andalas Padang, ada seorang dosen yang sangat saya kagumi beliau adalah Prof. DR. Edison Munaf, M.Eng sekarang beliau menjabat sebagai atase pendidikan di Jepang, beliau berkata bahwa masih banyak para pendidik di Sumbar tidak bisa menulis/ tidak pandai menulis sebuah karya ilmiah sehingga mereka kalah pintar dengan tenaga pendidik dari Jawa, menurut beliau mungkin karena tidak terbiasa atau tidak dibiasakan menulis sebuah karya ilmiah. Sehingga para tenaga pendidik dari Jawa-lah yang mendominasi jurnal-jurnal ilmiah dari Indonesia ataupun luar negri
Beranjak dari pengalaman-pengalaman yang beliau ceritakan, mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berjumlah 6 jam seminggu di sekolah saya, 2 jam saya gunakan untuk mengajari siswa saya menulis.
Menulis yang saya maksud ini adalah mengarang, karena saya tau mengarang adalah salah satu kegiatan yang paling membosankan bagi anak apalagi terus menerus (tiap minggu).
Sebelum saya memberikan pelajaran tersebut, anak-anak terlebih dahulu saya motivasi dengan merujuk seorang penulis novel anak-anak terkenal Harry Potter yaitu JK Rowling.
Saya menceritakan bagaimana seorang JK Rowling yang terkenal di seluruh dunia dulunya adalah seorang penulis biasa, tetapi karena kegigihan dan rajin membaca dan menulis akhirnya JK Rowling menjadi penulis yang sukses.
Anak-anak murid saya pun akhirnya termotivasi, sampai sekarang mengarang menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka, mudah-mudahan dengan terbiasanya mereka menulis dari kecil, InsyaAllah mereka dapat menuliskan karya-karya ilmiah di kemudian hari.. Amin

0 komentar:

Posting Komentar